Senin, 07 September 2015

Cara Alami Obati Tumit Pecah-Pecah


Tumit pecah-pecah atau retak-retak adalah masalah umum yang bisa merusak kepercayaan diri bahkan bisa sangat menyakitkan. Kondisi ini pada umumnya bisa terjadi karena kurangnya perawatan, tetapi juga bisa di akibatkan kering atau terpapar bahan tertentu. Secara medis, tumit pecah-pecah juga dikenal dengan celah tumit akibat kepelan. Kapalan ini lama kelamaan karena tekanan berat tubuh akan meluas kesamping, menjadi kering dan menyebabkan tumit menjadi pecah-pecah. Hal ini akan mempengaruhi permukaan kulit yang terdiri dari epidermis, dan terkadang bisa menembus jauh kedalam dermis dan menyebabkan rasa sakit.

Penyebab dari tumit pecah-pecah
  1. Kulit Tentu kering atau kulit kering tebal (kalus)  di sekitar tumit lebih mungkin menjadi pecah oleh aktivitas yang berlebihan dengan kaki.
  2. Berdiri yang terlalu lama juga dapat menyebabkan tumit retak.
  3. Kelebihan berat badan bisa meningkatkan tekanan pada lemak normal di bawah tumit, sehingga menyebabkan kulit melebar kesamping. Jika kulit tidak memiliki fleksibilitas,  tekanan pada kaki bisa menyebabkan tumit pecah-pecah .
  4. Penyakit kaki dan gangguan lain seperti Psoriasis, Eksim, penyakit tiroid, diabetes, dan beberapa kondisi kulit lainnya juga dapat menyebabkan tumit pecah-pecah.
  5. Kaki terkena air terus menerus terutama sambil berjalan dapat menyebabkan kehilangan minyak alami kulit, dan dapat meninggalkan kulit kering dan kasar. Berdiri lama di tempat lembab seperti kamar mandi juga bisa menjadi penyebabnya.
  6. Kulit bersisik, tebal, kering, dan kehilangan elastisitasnya juga erat kaitannya dengan faktor usia. Dengan demikian, semakin tua umur seseorang maka semakin tinggi pula resiko mengalami tumit pecah-pecah.
  7. Keadaan atau kondisi yang kurang bersih
  8. Kulit bersisik dan kering bisa karena iklim atau penyakit.
  9. kekurangan vitamin, mineral, zat besi dan seng
Baca juga [ Glow Collagen Suplemen Untuk Mengobati Penuaan Dini]

Berikut ini cara alami obati tumit pecah-pecah

1. Madu

Cara terbaik untuk menggunakan madu pada tumit kaki yang retak adalah dengan menambahkan secangkir madu pada semangkuk air hangat dan mencampurnya dengan baik. Kemudian, rendam kaki Anda dalam campuran tersebut selama 20 menit dan madu akan menenangkan tumit kaki yang rerak dan memberikan kelembaban kembali ke dalamnya.

2. Minyak Kelapa

Caranya adalah rendam kaki Anda dalam air hangat dan gosokkan dengan lembut menggunakan spons untuk mengangkat sel kulit mati yang berlebihan. Setelah itu keringkan kaki Anda secara menyeluruh dan kemudian pijat kaki Anda dengan minyak kelapa, lalu pakailah sepasang kaos kaki, dan biarkan selama semalam sampai Anda bangun pagi keesokan harinya.

3. Pisang

Pisang sarat dengan enzim yang membantu untuk mempromosikan pertumbuhan sel kulit baru yang sehat, dan minyak kelapa merupakan pelembab kulit yang luar biasa.

Anda bisa memadukan keduanya dengan cara menghaluskan sebuah pisang yang ditambahkan dengan 2 sendok makan minyak kelapa dan oleskan campuran tersebut pada tumit kaki yang retak dengan melakukan pemijatan. Biarkan selama 20 menit kemudian cuci dengan air hangat.

4. Garam Epsom/Inggris

Garam Epsom/Inggris dengan butirannya yang besar ternyata juga dapat membantu dalam mengatasi kulit kering. Dengan menambahkan 3 cangkir penuh garam dalam baskom yang berisi air hangat. Kemudian rendam kaki dalam baskom tersebut selama 20 menit.

Setelah itu tepuk-tepuk kaki Anda hingga kering dan kemudian lakukan pemijatan dengan menambahkan beberapa tetes minyak kelapa atau minyak zaitun untuk melembabkannya.

5. Sari Cuka Apel

Sari cuka apel memiliki khasiat untuk melunakkan kaki dan membuatnya lebih mudah untukmenghilangkan sel kulit mati. Caranya adalah rendam kaki Anda selama 15 menit dalam baskom yang berisi air hangat dan didalamnya telah dicampur dengan larutan sari cuka apel sebanyak 1/2 cangkir.

Asam asetat yang terkandung dalam sari cuka apel akan melembutkan kulit yang keras sehingga akan memudahkan untuk menghilangkan sel kulit mati dengan bantuan batu apung yang digosokkan pada tumit kaki yang retak tersebut. Tetapi ingat, jangan menggosoknya terlalu keras dan berikan pelembab pada tumit kaki Anda seperti minyak zaitun atau minyak kelapa setelahnya.

  61 komentar:

  1. Aku beli cream tp nggak ilang2 ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata Pisang bisa menyembuhkan Tumit Pecah pecah ya Mbak. cara alami lebih aman tanpa efek samping lagi ya Mbak :)

      Hapus
  2. kudu di coba nih kebelun kulit kaki saya rada pecah -pecah karena terkena ac trus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga coba Ikutan mencoba cara alami yang Mbak Defa posting ini. Makasih ya Mbak Defa

      Hapus
    2. saya ngucapin terimaskih dulu. belum ngucapin nih.

      Hapus
  3. iya nih kalo kaki pecah-pecah susah pake slimbut mbak defa, suka nyangsang di slimbut kakinya.heuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti nyangkut di selimut kalo pecah2 soalnya kulitnya kan mengelupas

      Hapus
    2. jangan terburu2 biar gak nyangkut. hehe

      Hapus
  4. bapak saya kayanya bisa saya saranin ini. cara alami ampuh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara alami mudah dan ga sulit

      Hapus
    2. iya nih mbak kesian liat kaki bapak pecah" gitu. kadang malah keras :D

      Hapus
  5. pisang dan madu adalah obat alami yang amat saya suka mbak :D

    BalasHapus
  6. Haha.. jadi malu teh, ini kaki pecah-pecah sejak masih SMPsampai sekarang. Awalnya gara-gara pakai sepatu yang kurang pas. Sudah kebal sindiran orang-orang disekitar rumah katanya kalah sama kaki orang kampung yang suka kesawah saja heu...

    Saya akan coba tips-nya ya, mudah-mudahan berhasil.

    BalasHapus
  7. keseringan kena air diterjen jg bisa bikin telapak kaki pecah-pecah loh mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul, bukan kaki saja, tangan juga kalo kena deterjen suka iritasi

      Hapus
    2. Saya udah beberapa kali ngalamin mba sampai kulit saya kayak terkupas gitu.

      Hapus
    3. kalo udah terkelupas pasti perih banget, nanti jadi pecah, sebaiknya segera di obat mas donal

      Hapus
  8. didesa seperti tempat tinggl saya banyak sekali warga yang tumitnya pecah-pecah, mungkin tips dari mbak defa ini bisa saya bagikan kapada teman-teman atau tetangga saya. makasih infonya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama mas poniran, semoga bermanfaat :)

      Hapus
  9. kebetulan nih tipsnya
    kaki saya pecah-pecah gara" musim kemarau panajang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti kita sama ya Sob.. yu kita coba menggunakan cara nya Mbak Defa ini :)

      Hapus
    2. hehehe, kalo musim kemarau gini memang selain kekeringan, biasanya tubuh juga mengalami perubahan, ya kaya tumit pecah2, kulit kering,dll

      Hapus
  10. Pass banget Mbak Defa artikelnya, Tumit saya sekarang ini lagi bermasalah agak pecah pecah, sering kena lembab sepatu kali ya Mbak. saya coba dulu cara nya ya Mbak.?

    BalasHapus
  11. yg saya tau cuman pengobatan dari bahan minyak kelapa itu mbak,lainnya baru denger

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebanyakan sih pada pake minyak kelapa, soalnya minyak kelapa emang mudah di dapet :)

      Hapus
  12. Konon pakai buah bengkuang bisa ya mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bisa mba yuni, bengkuang selain bagus buat kecantikan bagus juga buat tumit pecah2

      Hapus
  13. biasanya aku pakai minyak kelapa juga mbak, sama kayak mas Yanto..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake minyak kelapa juga bisa, dan lebih mudah ko :)

      Hapus
  14. yang di gabar masih mending sih ga ada tanahnya coba kalo udah berisi tanh dan kotoran. wehhhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya biasanya suka ada ko yang ada tanahnya, buka tanah sih sebetulnya tapi itu kotoran yang masuk ke sela2 tumit yang pecah2

      Hapus
  15. Kebetulan nih tumit saya juga pecah-pecah tapi tak separah dengan gambar di atas.. semoga bisa mengobati terima kasih sudah berbagi obatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama , terimakasih atas kunjungan nya ya mas krisna

      Hapus
  16. Kalau menggunakan getah pepaya muda bisa ga ya Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tau juga sih mas, tapi silahkan di cobain aja :)

      Hapus
  17. Biasanya kaum ibu yang biasa nyuci yang sering terkena penyakit seperti itu mah ya mba?
    ternyata ada juga garam inggris saya baru tau nih :)
    mkasih infonya

    BalasHapus
  18. Biasanya kaum ibu yang biasa nyuci yang sering terkena penyakit seperti itu mah ya mba?
    ternyata ada juga garam inggris saya baru tau nih :)
    mkasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe garam inggris itu garam yang cenderung engga halus, jadi butiran nya kaya kristal

      Hapus
    2. makanya ke inggris dong kaya saya biar tau :p

      Hapus
    3. kalau gx ngajak jangan suka pamer mas :(

      Hapus
  19. Biasanya ibu-ibu nih yang kakinya udah pecah-pecah (rorombeheun) bakalan pernih nggak tuh kalau pakai cuka apel :S

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah di campur sama air anget jadi engga perih

      Hapus
  20. Sangat bermanfaat infonya, ternyata pisang dan cuka apel bisa juga digunakan untuk obat tumit yg pecah2..

    BalasHapus
  21. pas nih .,.. tumit aku juga pecah2 ...hehehehe

    BalasHapus
  22. Dulu saya pernah ginian mbak, entah kenapa tak biarin aja normal lagi Alhamdulillah.. Hehe..
    sekarang jadi tau bagaimana cara menanganinya, thanx mbak,, besok kalau ky gini lagi bisa dicoba nih,,,

    BalasHapus
  23. sangat bermanfaat tips nya, dah bahkan bahan yang dibutuhkan cukup mudah :)

    BalasHapus
  24. bahannya mudah sekali ditemukan,, thanks cara caranya :D

    BalasHapus
  25. Tumitku sih nggak sampai pecah. Tapi kering iya. Sekarang kalau malam, aku suka olesin krim pelembab. Lumayan nggak bikin kering lagi. Terus sabunnya juga mengandung pelembab cukup tinggi. Pas mandi kusabunin deh. Jadinya makin lembab. :)

    BalasHapus
  26. bikin ga pede kalau kakinya sudah pecah-pecah seperti itu..
    ternyata minyak kelapa manfaatnya banyak sekali ya..

    BalasHapus
  27. Wah air hangat tambah garam ternyata bisa juga ya buat tumit pecah-pecah. Aku biasanya pake buat kalo kaki cantengan :D

    BalasHapus
  28. ini saya banget hehe, kalo saya paling disikatin aja tiap hari supaya tidak kapalan mbak

    BalasHapus
  29. kalau orang yang sering turun ke sawah, pakai cream berguna enggak ya? hihih

    BalasHapus

Setelah anda membaca artikel kami,silahkan beri masukan pada kolom komentar di bawah.Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat

Mengenai Saya

Foto saya

jika anda mencari informasi mengenai kesehatan maka silahkan baca artikel kami , terimakasih sudah mau berkunjung

Google+ Followers


HIMBAUAN


Diingatkan bagi calon pelanggan kami yang beri’tikad tidak baik akan terkena sanksi :

PASAL 5 BAB III NO.8 TH 1999

Tuntutan Hukum pidana dan dendaan atas langgaran tidak memenuhi kewajiban konsumen.

Popular Posts

Recent Posts

Diberdayakan oleh Blogger.