Rabu, 26 Agustus 2015

Perbedaan Penyakit Bronkitis dengan Penyakit TBC


Bronkitis adalah suatu peradangan tenggorokan atau bronchus yang merupakan saluran udara ke paru-paru. Penyakit ini biasanya bersifat ringan. Tetapi pada penderita yang memiliki penyakit menahun misalnya penyakit jantung, penyakit paru-paru, asma,  atau dengan daya tahan buruk seperti penderita HIV, AIDS dan penderita usia lanjut, bronkitis bisa bersifat serius. Bronkitis terbagi menjadi dua jenis. Pertama, bronkitis akut yang bertahan selama dua hingga tingga minggu. Bronkitis akut paling sering menyerang anak-anak berusia di bawah 5 tahun. Kedua, bronkitis kronis adalah infeksi bronkus yang bertahan setidaknya tiga bulan dalam satu tahun dan berulang pada tahun berikutnya. Bronkitis kronis lebih sering terjadi pada orang dewasa di atas usia 50 tahun. 
Berikut ini gejala bronkitis adalah
  1. Batuk
  2. Adanya lendir, baik yang tidak berwarna, putih atau berwarna kuning kehijauan
  3. Napas pendek, yang memburuk bahkan saat mengerahkan sedikit tenaga
  4. Napas sesak
  5. Lelah
  6. Demam ringan dan menggigil
  7. Rasa tidak nyaman pada dada
Jika mengalami bronchitis akut, kemungkinan memiliki batuk yang tetap ada dalam beberapa minggu setelah bronchitis sembuh. Jika hal ini berlanjut lebih dari tiga bulan maka mungkin ia mengalami bronchitis kronis. Jika mengalami bronchitis kronis, peradangan dalam jangka waktu lama menyebabkan pipa bronchila terluka dan memproduksi terlalu banyak lendir. Lama kelamaan dinding pipa bronchial akan menebal dan jalan napas dapat terluka.

Penyakit Tuberkulosis, singkatnya TBC adalah suatu penyakit menular yang paling sering terjadi di paru-paru. Tuberkulosis (TBC atau TB) adalah penyakit infeksi pada saluran pernafasan yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri ini merupakan bakteri basil yang sangat kuat sehingga memerlukan waktu lama untuk mengobatinya. Bakteri ini lebih sering menginfeksi organ paru-paru (90%) dibandingkan bagian lain tubuh manusia.
Gejala Penyakit Tuberkulosis diantaranya adalah :
  1. Ketika penderita batuk atau berdahak biasanya disertai keluarnya darah.
  2. Penderita mengalami sesak napas dan nyeri pada bagian dada.
  3. Penderita mengalami deman (meriang panas dingin) lebih dari sebulan
  4. Penderita berkeringan pada waktu malam hari tanpa penyebab yang jelas.
  5. Badan penderita lemah dan lesu
  6. Penderita mengalami penurunan berat badan dikarenakan hilangnya nafsu makan
  7. Urin penderita berubah warna menjadi kemerahan atau keruh. Ciri gejala ini muncul pada kondisi selanjutnya
KESIMPULAN :
Perbedaan Penyakit Bronkitis dengan Penyakit TBC biasanya dari gejalanya seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa penyakit bronkitis terbagi menjadi dua jenis yang di antaranya bronkitis akut dan kronis. Sedangkan penyakit TBC atau tuberkulosis penyakit menular yang di akibatkan oleh bakteri, biasa nya penderita yang menderita TBC ketika penderita batuk akan mengeluarkan dahak disertai darah sedangkan bronkitis di tandai dengan ciri khas yakni batuk dengan lendir kuning kehijauan. Selengkapnya baca artikel di atas sampai selesai.

  72 komentar:

  1. Keduanya sama-sama menyerang pernafasan ya Mbak. tapi lebih seram yang TBC sepertinya Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang yang aga serem TBC, soalnya kalo TBC menular :)

      Hapus
    2. Kira-kira dari keduanya, mana yang paling sulit untuk disembuhkan Mbak defa yang caem...

      Hapus
    3. Biar Mbak Defa yang menjelas kan pertanyaan Mas ya.. saya kurang paham antara penyakit bronkitis sama TBC

      Hapus
  2. dengan mengetahui gejala bronkitis dan TBC diharapkan dapat melakukan pengobatan sejak dini ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baik di obati sejak dini, supaya tidak berlanjut parah

      Hapus
    2. mencegak lebih baik dari mengobati

      Hapus
    3. Termasuk ada di dalam hadist Alquran dalam pesan Nabi .. Jaga Lima sebelum Datang yang Lima. Jaga sehat sebelum datang sakit mu. itu diantara pesan nabi, kalau gak salah saya membaca nya :)

      Hapus
  3. cukup mengetahui gejalanya mungkin dapat membantu orang lain :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. TBC dan Bronkitis memang perbedaannya dapat di liat dari gejalanya :)

      Hapus
  4. Kalau penyakit menular seperti TBC cukup berbahaya ya, orang disekitar bisa kena imbasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. TBC emang cepet nularnya kang, jadi perlu hati2

      Hapus
  5. ngeri juga nih penyakit abjad TBC :) berarti menular bisa lewat dahak yang penderita keluarkan ya mba Defa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba ani, selain dahak, bisa juga di tularkan lewat saluran nafas ketika si penderita lagi batuk atau bersin

      Hapus
  6. ada kawan kena tbc, penanganannya lama bneget dan harus telaten

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya yang kena tbc memerlukan pengobatan lebih dari 6 bulan

      Hapus
  7. bentar, perasaan masuk kesini ada yang baru deh :D
    ya semoga kita terus diberi kesehatan ya mbak defa, tandanya sama pada sesak nafas ya mbak, tapi yang TBC lebih ngeri karena keluar darah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kira2 apa nih yang beda hahahaa
      iya memang sama pada intinya, cuma lebih menakutkan tbc

      Hapus
    2. sama-sama penyakit dong :D
      bnerkan ada kesamaan ciri dari sesak nafas.heuheu

      Hapus
  8. Harus benar-benar jaga kesehatan ini....

    BalasHapus
  9. Agar tidak mudah terserang penyakit harus rajin berolahraga makan dan minum sehat,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mas eksa, cara sehat yang baik itu memang harus rajin berolahraga dan menjaga pola makan

      Hapus
  10. memang berbeda mbak, lebih menakutkan TBC ya

    BalasHapus
  11. Selama musim kemarau ini (3 bulan) saya sering batuk mbak sudah berobat ke dokter 3 kali. Jawabannya sie karena alergi debu ... Tapi alhamdulillah sekarang sdh tidak lagi mungkin karena tiap sore saya minum jahe anget. Btw makasih mbak atas penjelasan perbedaan antara penyakit bronkitis dgn TBC

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo alergi sih ga papa mas, nanti juga setelah di kasi obat sama dokter akan sembuh,

      Hapus
  12. terkadang bronkitis juga disertai batuk loh kalau batuknya berlebihan yang bisa menyebabkan iritasi pada mukosa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar mba desy, bronkitis juga tidak jauh beda dengan tbc, tapi bronkitis dahaknya tidak mengeluarkan darah

      Hapus
  13. Kelihatannya gejalanya hampir mirip sama sama batuk memang sebaiknya sih kedokter untuk memastikan apalagi TBC jika terlambat berobat cukup beresiko

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mas, sebaiknya sih sebelum terlambat lebih baik periksakan dulu ke dokter

      Hapus
  14. Jadi yg paling berbahaya itu TBC ya mbak? karena menular

    BalasHapus
  15. harus bisa membedakan nih, thanks mba

    BalasHapus
  16. Jadi lebih ketara ya Mbak Defa antara penyakit Bronkitis sama TBC, Setelah saya membaca artikel ini. makasih atas info sehat nya Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama mas saud, jadi bisa membedakan ya mana tbc dan mana bronkitis

      Hapus
  17. saya juga pernah kena TBC namun masih ringan,, padahal saya bukan perokok atau pemabok,, aplagi mabok janda heheh kiding :) kalau tbc sih ktanya karena bakteri,,, terus kalau malam hari itu suka meriang panas dingin, lemes, rambut rontok + batuk,,, kalau mengalami gejala kayak gitu,, sebaiknya periksa atau dironses,,obat untuk penderita TBC gratis,,,, dan kalau gejalanya masih ringan itu bisa sembuh dengan cepat yah sekita 9 bulanan heheh :)
    ok salam kenal aja mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah jadi menambah pengalaman nih mas hehe
      tbc kadang menyerang siapa saja ya, kadang datang tanpa disadari,

      Hapus
  18. apalagi jika sudah TB MDR ya mba, pengobatannya lama dan kesembuhannya sukar dipastikan.. trims ya info nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama mba, sebaiknya jika sudah merasakan salah satu gejalanya segeralah ke dokter

      Hapus
  19. Sangat bermanfaat, jadi saya tahu apa perbedaanya.

    kalau cara mengatasinya gimana ya?

    Sayangnya kurang dilengkapi sumber referensi padahal ini artikel ilmiah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk cara mengatasinya nanti saya akan ulas di artikel selanjutnya, atau bila merasakan gejala yang sudah di jelaskan bisa segera hubungi dokter

      Hapus
  20. nah, ini nih berarti saya saLah menafsirkan. ternyata bronkitis dengan TBC itu jenis penyakit berbeda, tadinya ta' kira sama :D
    trims sharingnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo tbc akibat dari bakteri dan tbc biasanya menular sementara bronkitis tidak

      Hapus
  21. yang paling jelas itu kalo TBC batuk biasanya disertai darah ya mba

    BalasHapus
  22. wah klo udah ada gejala kya gitu mending langsung dibawa kdokter aja, daripada cuma nebak2 ini penyakit TBC atau Bronkitis ntar mlah keburu parah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul itu, mending sesegera mungkin ke dokter

      Hapus
  23. kaya orang TBC itu bengek ya. Teman saya ada yang seperti ini dan dia tidak tahan sama yang namana AC atau pendingin ruangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya tbc mengalami batuk berdarah, kalo ga tahan sama AC biasanya bronkitis kang

      Hapus
  24. Penyakit batuk yang normal itu berapa hari mba defa... ade saya udah hampir 1 bulan batuknya tidak sembuh sembuh, memang susah di atur kalau di suruh minum obat jarang-jarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya umumnya juga sekitar 2 minggu, kalo lebih dari 3 bulan sebaiknya periksakan ke dokter

      Hapus
  25. Bakteri basil ngeri juga ternyata, bisa menjadi penyakit TBC. berarti saya pernah batuk berdahak disertai darah itu merupakan gejala TBC, soalnya dulu pernah kejadian seperti itu tapi saya biarkan mungkin karena kekebalan tubuh kuat alhamdulillah bisa sembuh sendiri walau memakan waktu sekitar 2 minngu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. allhamdulilah kalo begitu, sebaiknya kalo sudah merasakan gejala tbc, lebih di jaga lagi kesehatan nya

      Hapus
    2. Iya bu dokter, saran ibu Defa akan saya coba realisasikan. Saya pamit dulu bu terima kasih atas sarannya. :D

      Hapus
  26. penyakit TBC dan bronchitis ini mudah menjangkit ya...

    BalasHapus
  27. Iya penyakit TBC berbahaya dan itu termasuk penyakit menular sehingga harus hati-hati, sama bronchitis juga penyakit yang berbahaya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, tbc dan bronchitis berbahaya kedua nya

      Hapus
  28. Sama-sama berbahaya, dengan mengenali ciri-cirinya kita jadi bisa lebih hati-hati.

    BalasHapus
  29. walau sama-sama ada batuknya ternyata ada perbedaan antara Gejala penyakit Bronkitis dgn Penyakit TBC ya mba... sekrang jadi tau gejala dan ciri2 penyakit Bronkitis dan ciri-ciri TBC ... makasih ya mba...

    BalasHapus
  30. sangat akurat ya mbak defa informasi cara membedakannya, karena kalo kita tidak memerhatikannya hampir hampir sama, nah untuk itu dengan mengetahui hal hal demikian, akan membuat kita was was dalam menanggapinya :)

    BalasHapus
  31. untung adaperbedaannya antara bronkitis dengan tbc teh, coba kalau nggak ada bedanya, kan kitabakalan pusing ya

    BalasHapus
  32. kalau bronkitis itu bisa dibilang penyakit asma nggak mbak? :D

    BalasHapus
  33. Saya dulu juga pernah kena bronkhitis kronis loh mba tapi alhamdulillah sekarang sudah sembuh..

    Visit balik ya mba ;)

    https://indahsdaily.wordpress.com/

    BalasHapus
  34. makin hri makin tidak sedikit saja laki-laki yg memburu proses ampuh guna mengungguli ejakulasi dini. memang begitu ada apa bersama seksualitas mereka? Ejakulasi dini sbg salah tunggal kasus seksual laki-laki berjalan dikarenakan sekian banyak penyebab, dapat padahal dengan cara baris agung ada dua penyebab yg universal berlangsung. yg ke tunggal yakni disfungsi seksual dan yg ke dua yakni disfungsi ereksi.

    Penyebab terjadinya ejakulasi dini

    • Ejakulasi dini bisa disebabkan oleh adanya sebuah kesukaran yg bersuasana psikofisiologik. Ada sekian banyak bab yg melatar belakangi terjadinya ejakulasi dini, yakni pertalian seksual laki betina yg tak harmonis, perasaan tak menyukai guna pasangannya, dan rasa resah untuk wanita.
    • Kecemasan serta berperan utama pada jalan ejakulasi dini lantaran hal terselip sangat sering yakni bidang mulai sejak suasana dan nyaris seluruhnya penanggung mampu mengasuh ejakulasi sewaktu masturbasi. pertalian seksual persen percampuran leluasa dan sangsi didapati wong lain menyodok timbulnya kecemasan. Adanya ketidakpuasan pasangan seksual pun bakal mempromosikan kecemasan yg ujungnya dapat memperparah ejakulasi dini.
    • tradisi menggapai orgasme dan ejakulasi dengan cara terburu-buru pada awal mulanya. contohnya senang masturbasi atau onani bersama tergesa-gesa.
    • garib berfungsinya serotonin, satu buah bahan neurotransmiter yg berfungsi menghalangi ejakulasi.
    • kesukaran pengecekan syaraf yg membentuk sejarah ejakulasi ( hipersensitivitas langsung ejakulasi dini ).

    Pria dgn disfungsi ereksi kepada biasanya mewarisi ejakulasi dini. mendapatkan buku kesegaran Klinik Apollo juara Kelamin Jakarta, kamu dgn ejakulasi dini bagi hasilnya sanggup menderita disfungsi ereksi

    Cara melewati Ejakulasi Dini: Kenali elemen gejalanya
    Ada sekian banyak elemen, yaitu-faktor husus yg sanggup membuatkan terjadinya ejakulasi dini, sela lain hambatan kuatir dan kecemasan. Mengenali factor gejalanya ejakulasi dini yaitu jalan perdana awal formula melampaui ejakulasi dini.

    article from: Klinik Andrologi
    Peringatan : apabila anda merasa artikel ana belum terang atau ada hal lain, sehingga kamu dapat klik Chat Online, di mana profesional saya dapat menjawab keluhan kamu, atau hubungi nomer (021)-62303060. Klinik Apollo Jakarta mengharapkan mudah-mudahan kamu selalu sembuh.

    Klinik andrologi jakarta pusat | sirkumsisi kulup panjang

    Ejakulasi dini | Klinik Apollo spesialis kelamin

    Chat Online | Free Consultasion

    BalasHapus
  35. Meneladan berbagai penyelidikan disaat yg dibutuhkan seorang laki laki terhadap menggerapai klimaks merupakan seputar 5 sampai 7 menit. Sementara perempuan umumnya mereka membutuhkan ketika buat menjangkau kesudahan orgasme celah 12 hingga 15 menit. Logika yang mampu kita ambil dari penyelidikan ini yakni kala kita sanggup merasakan dan menikmati sensasi ketika bersambung dekat kala 3 menit.

    pasti ketika merasakannya 5 menit bakal terasa lebih melampiaskan terlebih jikalau kita bisa merasakan dan menikmati sensasi tersebut selama 10 menit atau lebih, tentu dapat jauh lebih membebaskan masih

    elemen ini dapat diraih dgn business dan latihan, apabila memang lah kamu menginginkan pasangan anda merasakan sensasi pertalian kian hingga mengerang dan merasakan ketegangan intens. Namun pasti factor ini tidak sepertinya dapat kamu melaksanakan bila mewarisi ejakulasi dini.

    bila pertanyaan masih belum sanggup terpecahkan serta-merta menghubungi dokter spesialis andrologi Klinik apollo pada wawancara lebih lanjut di Hotline No. (021)-62303060.

    Pencegahan Kulup panjang di Klinik | sirkumsisi Jakarta

    Ejakulasi dini dan pencegahannya | Klinik kelamin di Jakarta

    Konsultasi Dokter klinik | Free Consultasion

    BalasHapus
  36. Dok saya ibu rmh tangga usia saya 27 thn, saya sdh mengalami demam 3 hari berturut turut d sertai batuk yg tdk kunjung berhenti, akhr nya saya pergi periksa k dokter, dan dokter menyaran kan saya untuk melakukan rongsen paru paru saya, dan pas d cek hasil nya kurang jelas. Tpi dokter mdnyaran kan saya berobat selama 6 bln. Stlh 6 bln sdh berobat fan berangsur membaik, tpi dlm jangaka beberpa bln k dpn batuk saya kumat lagi, yg saya rasakan dada sesak, susah bernafas, nyeri dada, jika batuk mengeluarkan dahak lendir kadang brwarna kuning, kadang kehijauan, dan d sertai sprti suara mengi. Mohon penjelaasan nya dri dokter...apakah saya sakit tbc apa bronkitis. Terimakasih

    BalasHapus

Setelah anda membaca artikel kami,silahkan beri masukan pada kolom komentar di bawah.Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat

Mengenai Saya

Foto saya

jika anda mencari informasi mengenai kesehatan maka silahkan baca artikel kami , terimakasih sudah mau berkunjung

Google+ Followers


HIMBAUAN


Diingatkan bagi calon pelanggan kami yang beri’tikad tidak baik akan terkena sanksi :

PASAL 5 BAB III NO.8 TH 1999

Tuntutan Hukum pidana dan dendaan atas langgaran tidak memenuhi kewajiban konsumen.

Popular Posts

Recent Posts

Diberdayakan oleh Blogger.