Minggu, 09 Agustus 2015

Cara Menyembuhkan Cacar Air Pada Orang Dewasa


Cacar air merupakan penyakit dimana ruam merah pada bagian tubuh yang dapat menyebar pada keseluruhan tubuh. Cacar air tidak hanya menyerang anak-anak, oleh karena itu cacar air tidak menutup kemungkinan dapat menyerang orang dewasa. Penyakit cacar air yang disebabkan oleh virus varisela zoster ini umumnya ditandai dengan munculnya ruam pada kulit. Ruam tersebut akan berubah menjadi bintil merah berisi cairan yang terasa gatal yang kemudian akan mengering, menjadi koreng, dan terkelupas dalam waktu 7-14 hari. Bagian-bagian tubuh yang biasa ditumbuhi bintil cacar air adalah wajah, belakang telinga, kulit kepala, lengan dan kaki. Berikut ini gejala lain yang dirasakan sebelum ruam merah cacar air muncul pada tubuh:
  1. Kelelahan yang tiba-tiba
  2. Sakit kepala yang mendadak
  3. Demam
  4. Mual sehingga nafsu makan pun hilang
  5. Ada nyeri atau sakit bagian otot punggung, bahu, pundak dan lutut
Berikut tips cara menyembuhkan cacar air pada orang dewasa:
  1. Perbanyaklah istirahat beberapa hari karena ruam akan muncul di sekujur tubuh dan jangan keluar rumah agar tidak terjadi penularan. 
  2. Konsumsi air sebanyak mungkin
  3. Jangan sekali-kali menggaruk,menyentuh bahkan memencet ruam karena dapat menimbulkan luka,infeksi dan bila di pecet lukanya akan berbentuk lubang dalam (bopeng), sehingga membekas di kulit
  4. Mandi dan bersihkan tubuh dengan sabun antiseptik 
  5. Gunakan pakaian yang ringan dan nyaman supaya tidak terjadi banyak gesekan pada kulit yang terdapat ruam sehingga tidak menimbulkan gatal
  6. Jika terasa gatal berikan bedak yang mengandung salycil atau bedak cair.
  7. Periksakan ke dokter atau puskesmas terdekat akan membuat penyembuhan secara cepat.
  8. Minumlah obat yang diberikan dokter secara rutin
  9. Sangat dianjurkan selalu minum air mineral sebanyak mungkin untuk membantu perawatan bekas luka dan menetralisir ginjal setelah beberapa hari mengkonsumsi obat.
Tips tradisional mengobati cacar air pada orang dewasa
Anda juga bisa membuat ramuan tradisional untuk menghilangkan bekas luka cacar air dengan menumbuk beras dan kencur lalu oleskan pada kulit yang terdapat bekas luka tersebut.  Cacar air sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya namun membutuhkan waktu yang lama. Penderita biasanya tidak tahan dengan rasa gatal yang terus dirasakan sehingga penderita harus melakukan beberapa cara mengobati cacar air pada orang dewasa yang dijelaskan di atas

Baca juga [Cara Menyembuhkan Penyakit Kuning Pada Anak | Penyebab dan Ciri-Ciri Batuk Alergi Pada Anak]

  64 komentar:

  1. Cacar air yang menyerang orang dewasa akan lebih lama sembuhnya terutama hilangnya bekas luka yang diakibatkannya sangat menganggu sekali bisa mengikis percaya diri pasti, untunglah ada tips menyembuhkan luka dari mbak Defa

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa lagi kalo cacar itu yang bikin ga PD bekas nya

      Hapus
    2. Saya pernah kena cacar air bekas lukanya 1 bulan gak hilang Mbak. Coba dulu ada cara seperti yang Mbak posting.. pasti lebih membantu.. ijin copy Mbak makasih :)

      Hapus
    3. kalo lagi kena penyakit cacar memang sebaiknya jangan di garuk

      Hapus
    4. kalau beras dicampur kencur ditambahkan air juga tidak mba?

      Hapus
  2. cacar itu menular ya mba defa, saya juga waktu smp pernah cacar sampai ga masuk beberapa minggu.hehehe
    yg bintik merah itu kan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar mas hendri, sebaiknya kalo lagi cacar memang ga usah keluar rumah dulu

      Hapus
    2. Udah penyakitnya ngeri menular lagi, cacar air itu ya Mbak Defa.. ckckckck :(

      Hapus
    3. iya mbak defa, kalo untuk mengatasi cacar pasti obatnya ada disini deh :)

      Hapus
    4. obatnya pake tips tradisional yang udah di cantumin di atas mas hendri

      Hapus
  3. katanya kalau sudah pernah kena cacar air gak bakalan kena lagi ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. katanya sih begitu, tapi kurang tau juga sih, biasanya kalo kena lagi namanya herpes

      Hapus
  4. cacar air dengan herpes sama tidak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo yang saya tau sih beda mas, antara cacar air dan herpes, kalo herpes kan ada jenisnya kaya herpes kulit, herpes kelamin,dll, biasanya kalo cacar air dapat kena ruam nya ke seluruh tubuh, nah kalo herpes hanya di beberapa syaraf atau kulit yang terjangkit saja

      Hapus
  5. Saya kena cacar waktu SD jadi pas ada teman kerja saya yg kena cacar saya tidak ketularan ga tau fakta apa bukan teman sy yg blm pernah ngalamin cacar malah ketularan

    BalasHapus
    Balasan
    1. cacar air disebabkan oleh virus, jadi sangat mudah menular mba, gampang sekali menular baik dalam ruang tertutup maupun terbuka, kalo udah kena biasanya jarang kena lagi,

      Hapus
    2. Mudah mudahan kita semua jangan pada kena cacar air ya Mbak.. nanti wajah saya hilang dong keren nya heheh kepedean :D

      Hapus
    3. wkwkwkwkk,, wah bahaya dong kalo wajah keren nya hilang :D

      Hapus
  6. saya dulu pernah kena cacar air dan disuruh mencari cacing laut, pas ketemu yang di suruh ambil bukan cacingnya, namun bekas jalannya yang ada seperti tanah lembut. di suruh oleskan pada bagian yang kena cacar, sekali sembuh baru di bilang kalau itu adalah tai cacing laut tadi mbak...jijk tapi udeh lewat dan saya jadi ketawa sendiri kalau ingat itu....heee

    sekarang udah ada cara yang efektif dan gak harus repot lagi harua nyari cacing laut lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. haduuh malahan saya baru tau ada cara mengobati cacar dengan cacing laut, hehehe
      tapi yang mbah katakan bagus juga buat share para pembaca lainnya, kalo pas kebeneran rumahnya deket laut kan gampang tinggal cari bekas jalan cacing laut aja pas kena cacar hihihi

      Hapus
    2. tapi menurut saya itu menyembuhkan bekas lukanya aja kali biar tidak berbekas...

      Hapus
    3. Naaah itu point dari artikelnya Mbak Defa ini,, eeh bener gak sih..?

      Hapus
    4. iya juga sih paling ngilangin bekasnya doang, kalo mau nyembuhin memang harus di periksakan ke dokter

      Hapus
  7. Saya nanya dong mba, kalau belum pernah kena cacar air apa nanti kedepannya ada resiko terkena cacar air. Kata orang setiap yg belum kena cacar air akan kena nantinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cacar air memang penyakit yang menular, namun bila daya tahan tubuhnya bagus, yaa tidak akan tertular penyakit cacar

      Hapus
  8. Udah cacar air waktu SD :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo udah kena ga bakal kena lagi dong mba hehe :)

      Hapus
  9. Kalau cacar lebih baik minum obat atau pakai salep, untuk mempercepat penyembuhannya...di tempat saudara saya anak kecilnya lagi kena cacar semua...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah itu bisa menular tuh mas. tapi kalau udah kena sekali ya udah tidak kena lagi biasanya....

      Hapus
    2. iya betul kana mbah dinan,
      kalo cacar sebaiknya diam aja dulu istirahat di rumah

      Hapus
  10. alhamdulillah belum pernah kena cacar mba, semoga jangan sampai kena :)

    BalasHapus
  11. baca ini jadi inget pas kena cacar air dulu mbak. Waktu SD :( bener kayak apa yg mbak tulis. Gejala kena cacar air yg saya rasakan waktu itu demam mbak. Udah gatel2, demam lagi. Huhuu sedihnya

    Tapi alhamdulillah, waktu itu cacar air saya gak smpe menjalar ke muka mbak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo nyampe ke muka bahaya banget bekasnya suka susah ilang, dulu aku juga pernah kena cacar sampe ke muka, terus di garuk, alhasil sekarang jadi membekas

      Hapus
  12. Jika kena cacar
    Banyak yang menghindar
    Pada takut tertular
    Percaya diri jadi pudar

    :)

    Tipsnya baik dan semoga mereka yang kena cacar
    Kembali sehat berbinar

    BalasHapus
    Balasan
    1. hebat mba anisa, penyakit cacar pun bisa jadi puisi hehee,,
      semoga sehat selalu

      Hapus
  13. pake beras dan kencur rupanya bisa juga untuk mengatasi cacar air, bekasnya suka lama hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya cukup mudah untuk cara tradisionalnya :)

      Hapus
  14. Alhamdulillah selama ini terjauh dari cacar, dengan adanya tips ini menjadi tahu manfaat beras dan kencur terkait penyakit tsb. Tips yang bermanfaat.

    Baru bisa bw lagi, ini templatenya baru ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah baru muncul lagi nih mas kips, semoga bermanfaat ya tips nya

      Hapus
  15. Ternyata untuk mengobati bekas cacar air cukup dengan beras dan kencur ya mbak. Namun butuh waktu yang lama kali ya mbak untuk penyembuhannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo untuk penyembuhan saran saya sih kalo punya penyakit cacar asal jangan kena air dulu sama jangan keluar rumah dulu

      Hapus
  16. Cacar air pada orang dewasa biasanya meninggalkan bekas pada kulit, ternyata ada cara tradisional untuk menghilangkan bekasnya, gampang lagi hanya beras dan kencur.
    Terimakasih info kesehatannya Mbak Defa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama2, cukup mudah dan semoga bermanfaat yaa

      Hapus
  17. Kalo udah cacar waktu kecil saat besarnya udah enggak lagi ya Mbak.. Soalnya waktu SD saya pernah cacar, dan gak masuk sekolah lumayan lama, nah sejak itu belum pernah mengalami cacar lagi... hehehehehehehehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya sih kalo udah kena , jarang terserang lagi mas diar

      Hapus
  18. Ngeri sekali dengan penyakit yang satu ini Mbak. Dulu waktu saya masih sekolah SLTP Pernah terserang cacar air itu.. pokoknya jera deh. Makasih tips sehat nya Mbak Defa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo udah kena cacar emang serasa jera, soalnya bikin gatel banget

      Hapus
  19. cara air selain mudah disembuhkan juga sangat membandel kalau diobati, apalagi personal hygiene kurang diperhatikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul sekali, lebih baik kalo kena cacar istirahat total di rumah biar cepet sembuh

      Hapus
  20. cacar air beda ya sama herpes? lihat gambar diatas kayaknya sama mbak. salah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang di gambar cuma ilustrasi aja sih hehe,, herpes sama cacar beda, kalo herpes biasanya mudah timbul lagi

      Hapus
  21. Mba kan gaboleh disentuh cacar'a
    trus kalo mandi pas kesentuh dong cacar'a ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa jangan dulu mandi, biasanya kalo yang kena cacar jadi kena air dulu :)

      Hapus
  22. tips yang jarang orang tau nih mbak, mungkin perlu disebarkan info ini kepada orang-orang, biar lebih bermanfaat lagi :)

    BalasHapus
  23. Cacar air itu penyakit menular atau tidak ya?

    BalasHapus
  24. oh begitu ya cara menyembuhkan cacar air yambak.
    saya baru tau nih

    BalasHapus
  25. Saya juga kena cacar air waktu kecil

    BalasHapus
  26. Saya kena cacar pas sudah kerja, 1 bulan ga masuk kerjaan terbengkalai :(

    BalasHapus
  27. bagus mbak, oya tetangga saya dulu ada juga cacar, tp bekasnya sampe sekarang masi ada, :)

    BalasHapus

Setelah anda membaca artikel kami,silahkan beri masukan pada kolom komentar di bawah.Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat

Mengenai Saya

Foto saya

jika anda mencari informasi mengenai kesehatan maka silahkan baca artikel kami , terimakasih sudah mau berkunjung

Google+ Followers


HIMBAUAN


Diingatkan bagi calon pelanggan kami yang beri’tikad tidak baik akan terkena sanksi :

PASAL 5 BAB III NO.8 TH 1999

Tuntutan Hukum pidana dan dendaan atas langgaran tidak memenuhi kewajiban konsumen.

Popular Posts

Recent Posts

Diberdayakan oleh Blogger.