Minggu, 13 September 2015

Cara Mencegah Luka dan Radang Pada Lambung


Tukak lambung adalah luka lambung yang muncul pada dinding lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung. Luka ini juga berpotensi muncul pada dinding bagian pertama usus kecil (duodenum) serta kerongkongan (esofagus). Penyakit ini dapat menyerang semua orang pada segala umur. Meski begitu, lansia di atas 60 tahun memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalaminya. Sedangkan Radang atau Infeksi Lambung lebih dikenal dengan sebutan penyakit maag. Pada penderita radang lambung atau maag, dijumpai adanya suatu iritasi atau infeksi atau peradangan pada dinding mukosa lambung sehingga dinding lambung menjadi merah, bengkak, berdarah dan mengakibatkan luka pada lambung. Selain luka pada dinding lambung, juga luka pada usus 12 jari. Serangan pada lambung sendiri dapat bersifat akut atau kronis. Radang kronis sering terjadi di kalangan orang tua dan penderita anemia fatal.

Gejala yang dirasakan
  1. Sendawa yang tiada hentinya 
  2. Seperti mengalami masuk angin
  3. Kolik atau sembelit
  4. Kadang perasaannya ingin buang air besar
  5. Tinja berwarna hitam
  6. Perasaan lambung tidak enak
  7. Kram perut
  8. Rasa panas menyebar ke leher, pusar hingga ke punggung
  9. Nafsu makan berkurang
  10. Mual dan muntah, mual tidak sembarangan mual karena mual ini diikuti dengan muntah walaupun sepertinya perut tidak ada sesuatu lagi untuk dimuntahkan, muntah yang keluar biasanya berbau menyengat tidak enak dan berwarna putih kekuningan
  11. Akan lebih parah biasanya muncul pada malam hari
  12. Terasa semakin parah saat perut kosong
  13. Umumnya berkurang sementara jika makan atau mengkonsumsi obat penurun asam lambung.
  14. Hilang lalu kambuh beberapa hari atau minggu kemudian
Penyebabnya diantaranya berikut
  1. Adanya asam lambung dan pepsin yang berlebihan
  2. Mukosa (selaput lendir) lambung tidak tahan terhadap asam lambung dan pepsin yang berlebihan karena menurunnya kemampuan fungsi mukosa lambung tersebut.
  3. Waktu makan tidak teratur, sering terlambat makan atau sering makan berlebihan
  4. Terlalu banyak makan yang pedas, asam, minuman beralkohol, obat-obatan tertentu dengan dosis tinggi
Baca juga [Cara Mencegah Timbulnya Penyakit Maag Pada Ibu Hamil] [Cara Mencegah Timbulnya Penyakit Kanker Lambung]

Makanan penyebab luka dan radang lambung
1. Cokelat
Kandungan kakao, kafein, dan stimulan lain, seperti theobromine, dapat menyebabkan kadar asam di lambung meningkat. Selain itu, cokelat juga banyak mengandung lemak, sementara lemak juga dapat berpengaruh pada asam lambung.

2. Minuman bersoda
Minuman yang mengandung soda atau berkarbonasi adalah salah satu penyebab utama gangguan pada lambung. Pasalnya, minuman jenis ini sifatnya sangat asam, ditambah lagi dengan efek karbonasi yang bisa membuat perut jadi kembung sehingga dapat membuat kondisi jadi makin tidak nyaman.

3. Makanan yang digoreng
Suka makan gorengan? Sebaiknya Anda tahu bahwa makanan ini juga bisa berpengaruh pada asam lambung karena kandungan lemaknya yang tinggi. Selain itu, hobi makan gorengan juga kerap menimbulkan gangguan heartburn, yaitu rasa nyeri terdapat di ulu hati.

4. Minuman beralkohol
Konsumsi bir, minuman keras, dan wine dapat berpengaruh terhadap naiknya asam lambung. Ada beberapa jenis minuman alkohol yang sifatnya memang tidak terlalu asam, tetapi para ahli menyatakan bahwa alkohol dapat melemaskan saluran di bagian bawah esofagus (yang berhubungan dengan area perut), dan ini dapat menyebabkan naiknya asam lambung.

5. Produk olahan susu yang tinggi lemak
Makanan tinggi lemak dapat meningkatkan kadar asam lambung. Sementara, produk olahan susu sendiri sebenarnya sudah bersifat asam. Jadi, ada baiknya Anda mulai berhenti mengonsumsi mentega atau susu yang tinggi lemak apabila sering mengalami gangguan lambung. Atau setidaknya, beralihlah ke yang tanpa lemak.

6. Daging yang berlemak
Selain kandungan lemaknya yang tinggi, daging sapi, kambing, ataupun domba dapat bertahan lama di dalam perut serta meningkatkan kemungkinan naiknya asam lambung. Oleh karenanya, lebih baik Anda kurangi konsumsinya hingga hanya seminggu sekali. Beralihlah juga ke pilihan daging yang tanpa lemak.

7. Kafein
Kebiasaan minum kopi yang berlebihan setiap harinya dapat berkontribusi terhadap gangguan lambung. Untuk itu, ada baiknya Anda mengurangi konsumsi kopi, atau beralih ke teh.


Cara Mencegah Luka dan Radang Pada Lambung
  1. Menjaga kebersihan, misalnya sering mencuci tangan dan memastikan makanan benar-benar matang sebelum mengonsumsinya. Langkah ini berguna untuk menghindari risiko infeksi. Beberapa penelitian membuktikan bahwa bakteri H. pylori berpotensi menyebar melalui makanan dan air minum.
  2. Berhati-hati dalam penggunaan obat anti inflamasi non-steroid agar tidak berlebihan.
  3. Mengurangi atau berhenti merokok.
  4. Menghindari konsumsi minuman beralkohol.
Ramuan yang bisa di gunakan untuk cara mencegah luka dan radang pada lambung

1. Kunyit
Sifat-sifat kunyit yang dapat menyembuhkan luka sudah dilaporkan sejak tahun 1953. Studi kasus untuk sakit perut akibat tukak lambung, setelah 12 minggu pengobatan, 88% pasien yang menerima pil kunyit (3 pil, yang setara dengan 4 g) memperlihatkan perbaikan dan satu kasus tersembuhkan.
Caranya: diperlukan 2 jari tangan kunyit. Dikupas dan dibersihkan, diparut, dan ditambah air matang. Setelah itu, diperas melalui kain bersih. Hasilnya didiamkan dan diambil airnya. Dalam sehari diminum 2 kali, masing-masing satu ramuan. Meminumnya pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

2. Lidah buaya (Aloe vera)
Aloenin dan Magnesiun laktat dalam daun lidah buaya yang diidentifikasikan dapat menghambat sekresi asam lambung.
Caranya: Gel segar dari sekitar 1 lembar daun lidah buaya, diminum untuk sekali minum. Dalam sehari perlu meminumnya sebanyak 2 kali. Untuk memperbaiki rasa gel bisa diberi madu secukupnya. Ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi ramuan ini.

3. Kemangi hutan / Lampes (Ocimum sanctum)
Kemangi hutan berupa terna atau perdu bercabang banyak setinggi 0,30 – 1,50 m. Dapat ditemui di seluruh Jawa dari dataran rendah.
Caranya: sebagai obat tukak lambung dianjurkan untuk mengkonsumsi daun segar kemangi hutan (lampes) sebagai lalap setiap hari.

5. Kencur (Kaempferia galanga)
Caranya: 1 jari rimpangnya. Rimpang dicuci bersih dikupas dan dikunyah dengan garam seperlunya. Sesudah halus dikunyah, kencur ditelan, disusul dengan minum air hangat. Ini dilakukan 3 kali dalam sehari.

6. Cincau (Cylea barbata)
Caranya: 1 genggam daun cincau (kira-kira 80 gram berat basah). Daun dicuci lalu digiling halus. Lalu diremas dengan air masak seperlunya dan disaring, diberi air kapur sirih seperlunya agar lekas menjadi kental. Setelah menggumpal dimakan dengan air gula atau sirup. Dalam sehari cara ini dilakukan 3 kali, masing-masing dengan gelas ukuran kira-kira 200 cc.

  59 komentar:

  1. Baca artikel ini sebenarnya mengerihkan bagi saya karena rupanya dari sekian banyak gejala pada penyakit ini, ada beberapa yg perna saya alami. Namun informasinya mba defa memang sangat penting dan membantu bagi saya. Terima kasih informasinya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat ya mas donal

      Hapus
    2. iya mba sangat bermanfaat. Terima kasih informasinya.

      Hapus
    3. Sungguh sangat bermanfaat sekali info sehat yang Mbak Defa posting ini :)

      Hapus
  2. informasi ini sangat berguna sekali. meskipun saya belum pernah mengalminya, namun dengan membaca artikel ini setidaknya saya tahu, dan harus lebih hati-hati lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus berhati-hati dalam menjaga pola makan

      Hapus
    2. Makanan Pedas asam mesti yang paling hati hati untuk mencegas terjadinya peradangan pada Lambung kita ya Mbak..?

      Hapus
  3. Siip mbak, Semoga enggak ngalamin radang lambung

    BalasHapus
    Balasan
    1. aminnn, semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat

      Hapus
    2. Sehat jasmani/Rohani, sehat Lahir dan Bathin. amin :)

      Hapus
  4. apa saya menderita ini gitu ya. solanya kembung perut saya. apa kern masuk angin ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya kalo radang lambung, masuk angin nya ga sembuh2, kalo masuk angin biasa mah minum obat aja udah sembuh, nah kalo radang lambung biasanya ga kunjung sembuh

      Hapus
    2. brarti kalo sembuh dengan obat herbal penganget itu bukan radang lambung y mab. oekh deh mab terimakasih

      Hapus
  5. Wah ternyata,,,
    mulai kali ini harus meminimalis soda deh kayaknya.. soalnya saya kalau maen sering minum soda. Bahaya juga ya ternyata. Mencegah lebih baik daripada mengobati.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar, soda terlalu banyak ga bagus buat kesehatan mas eksa, boleh2 saja sih minum soda asalkan jangan berlebihan saja.

      Hapus
  6. ternyata makan berlebihan juga bisa mengakibatkan masalah pada lambung yambak

    BalasHapus
    Balasan
    1. soalnya saya jga pengalaman sendiri mas, kebetulan kan saya punya penyakit maag udah akut atau radang, kalo makan rakus berlebihan suka kambuh

      Hapus
    2. makanya bagi bagi aa saya mas yanto

      Hapus
    3. baru tau mas ya :D
      kurangin tuh porsinya mas :D

      Hapus
    4. Lebih sehat makan yang serba Pas ya Mas+Mbak.. jangan berlebihan atau kekenyangan jika ingin sehat :)

      Hapus
  7. kopi neh bisa jadi masalah lambung ya..
    dari bahan2 alami semua, boleh juga neh ramuannya dicoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya silahkan di coba mas wong,, semua alami dan mudah di dapat

      Hapus
    2. Hmm.. kopi juga masih nyandu bgt euy, kopi hitam lagi.

      Hapus
  8. Pola makan kita harus di jaga ya mba agar tubuh tetpa sehat, dan pencernaan tetap terjaga

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget, yang penting jaga pola makan nya

      Hapus
  9. ternyata coklat bisa menyebabkan radang lambung yah mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi gimana cokelatnya juga, kalo berlebihan makan cokelat akan mengakitbatkan radang lambung. Tapi ada juga sih cokelat hitam dari china ga tau dari negara mana, katanya ga mengakibatkan radang lambung kalo kita makan sebanyak mungkin

      Hapus
  10. makasih infonya mba, ini saya share ke Paman saya karna mungkin bisa menyembuhkan penyakit yang dideritanya

    BalasHapus
  11. memangnya merokok bisa menjadi penyebab Luka dan Radang Pada Lambung juga ya mba?
    saya baru tahu tuh :)
    kalau untuk makan gorengan itu enak lho mba sambil minum kopi, tapi ternyata tidak baik juga ya? heu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo sudah terkena penyakit radang lambung sebaiknya jangan dulu merokok. boleh aja makan gorengan dan kopi tapi buat yang punya penyakit radang lambung, sebelum nya harus sarapan atau sedaktanya tidak dalam keadaan perut kosong

      Hapus
  12. Yang nomor 4 dan 10 dari gejala yang dirasakan itu lumayan sering dialami, harus lebih waspada nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah hati2 mas kips, tapi saya juga kalo lagi naik asam lambung, emang bener2 pengen muntah terus rasanya

      Hapus
  13. waduh saya sering ngopi nih mbak, berarti beresiko yah? Kalo diganti sama es cincau apakah bisa dijadikan solusi mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mending gitu aja mas hendri, minum kopi boleh tapi jangan terlalu berlebihan

      Hapus
    2. saya termakan artikel liputan 6 manfaat ngopi tiap hari :D

      Hapus
  14. Kalau kambuh lebih baik minum obat atau pakai ramuan herbal seperti diatas... Ibu saya suka sakit pada lambungnya, mungkin karena asam lambungnya lagi tinggi

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya kalo kambuh, asam lambung mulai naik. rasanya ga enak banget, soalnya pengalaman pribadi juga

      Hapus
  15. waaah baru tahu.....nih jadi tambah ilmu ,, trus gimana kalau sering-sering minum kopi ..?aman g buat labung karna saya orangnya g bisa ninggalin kopi ....itu

    BalasHapus
  16. artikelnya informatif sekali. secara,..saya selaku orang yang sering mengalami radang lambung, alhamdulillah mendapatkan tambahan pengetahuan mengenai cara pencegahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah,, semoga artikel ini dapat membantu ya mas sandi :)

      Hapus
  17. saya malah sering makan makan begitu, wah ternyata lambung bisa luka juga ya

    BalasHapus
  18. Saya juga kayaknya ada luka lambung juga nih.. Mhh bisa pakai cincau ya.. Thanks infonya

    BalasHapus
  19. Radang pada lambung sama dengan maag kan ya Mbak, iya kalo maag saya emang sakit maag ya dan bener penyebabnya adalah kopi kalo saya, saya dulu suka ngopi banget ya, serius sehari bisa sampai delapan gelas, tapi sekarang kuat dua kali, yaitu tadi gara-gara udah maag sekarang, tapi untungnya saya juga suka es cincau ya... hehehehehehe :)

    BalasHapus
  20. kalau saya jika kumat asam lambung saya sih obatnya dengan Kunyit mbak :D

    BalasHapus
  21. kemangi hutan ciri-cirnyai fisiknya seperti apa neng....saya juga ya sering makan daun kemangi ...itulho..yg di jual abang-abang sayur itu ...itukah yg di maksud...

    BalasHapus
  22. Lengkap sekali Mbak Defa ulasan Cara Mencegah Luka dan Radang Pada Lambung itu. Terima kasih atas info sehat nya sangat bermanfaat sekali bagi Sahabat yang memerlukan info yang Mbak Defa share ini. Semoga menjadi Barrakah ya Mbak :) amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngikut aaaaaaaaaaaaaaaamiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn..........

      Hapus
  23. emm, banyak penyebabnya ya mbak, makanan yang kita suka terutama

    BalasHapus
  24. wah, mulai sekarang harus mengurangi porsi makan nih mbak,,

    BalasHapus
  25. tulisanya ngeri-ngeri sedap mbak, saya hobi makan coklat sepertinya harus dikurangi ini

    BalasHapus
  26. Point ke 7. Kafein yang sering membuat perut ini serasa kembung Mbak. dan baru tau bahwa cincau bisa dipergunakan untuk mengatasinya, biasanya kami menggunakan kunyit Mbak

    BalasHapus
  27. kalau penyakit maag sendiri apakah masuk pada penyakit radang lambung ya soalnya setelah saya baca ada sedikit kemiripan dengan penyakit maag

    BalasHapus
  28. cokelat juga menjadi penyebabnya ya?padahal enak tuh?hehe

    BalasHapus
  29. Duluuuu, saat saya hampir tiap pagi minum lemon tea (teh +jeruk nipis), eh..lama - lama lambung saya kena deh. Akhirnya berhenti minum lemon tea, ehh masih sih sesekali bikin kalau lagi pengen dan itu pun saya wanti-wanti utk makan dulu.

    BalasHapus
  30. wah tips yang bagus mbak, kebetulan saya suka makan yang gorengan tiap hari. hehe ikan goreng sih, dan cara mencegahnya mudah di dapat disekitar. makasih mbak

    BalasHapus
  31. Aduhhh ngeri juga klo punya luka dalam gitu...

    BalasHapus

Setelah anda membaca artikel kami,silahkan beri masukan pada kolom komentar di bawah.Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat

Mengenai Saya

Foto saya

jika anda mencari informasi mengenai kesehatan maka silahkan baca artikel kami , terimakasih sudah mau berkunjung

Google+ Followers


HIMBAUAN


Diingatkan bagi calon pelanggan kami yang beri’tikad tidak baik akan terkena sanksi :

PASAL 5 BAB III NO.8 TH 1999

Tuntutan Hukum pidana dan dendaan atas langgaran tidak memenuhi kewajiban konsumen.

Popular Posts

Recent Posts

Diberdayakan oleh Blogger.